Kelebihan Dan Kelemahan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Matematika
A. Media Audio
1.
Radio
Kelebihan :
a.
Dapat memusatkan perhatian dan mempertahankan
pemusatan perhatian.
b.
Harga relatif murah.
c.
Sifatnya mudah dipindahkan.
d.
Bisa mengatasi masalah waktu jika digunakan
bersama-sama.
e.
Dapat mengembangkan daya imajinasi anak.
f.
Dapat merangsang partisipasi aktif.
g.
Dapat memusatkan perhatian siswa.
Kekurangan :
a. Sifat komunikasinya satu arah.
b. Biasanya siaran disentralisasikan sehingga guru
tidak dapat mengontrol.
c, Penjadwalan pelajaran dan siaran sering
menimbulkan masalah.
2.
Alat perekam pita magnetic
Kelebihannya:
a. Memiliki
fungsi ganda yang efektif untuk merekam menampilkan rekaman dan menghapusnya.
b. Pita
rekam dapat diputar berulang-ulang.
c. Rekaman
dapat dihapus secara otomatis.
d. Pita
rekam dapat digunakan sesuai jadwal yang ada.
e. Program
kaset memberikan efisiensi dalam pembelajaran bahasa.
Kekurangannya:
a. Daya
jangkau terbatas.
b. Dari
segi biaya pengadaan bila untuk sasaran yang banyak menjadi lebih mahal.
B. Media proyeksi
1.
Film bingkai
Kelebihannya:
a. Materi
yang sama dapat disebarkan ke seluruh siswa secara bersamaan.
b. Perhatian
anak dapat dipusatkan pada objek tertentu.
c. Fungsi
berpikir penonton dirangsang dan dikembangkan secara bebas.
d. Film
bingkai berada di bawah kontrol Guru.
e. Penyimpanannya
mudah.
f.
Film bingkai dapat mengatasi keterbatasan ruang.
g. Film
bingkai adalah media yang relatif sederhana.
Kekurangannya:
a. Karena
bersifat lepas, maka film bingkai lebih mudah hilang.
b. Hanya
mampu menyajikan objek-objek secara diam.
c. Memerlukan
ruang yang gelap.
2. Proyeksi
Transparansi
Kelebihannya:
a. Pantulan
proyeksi gambar dapat terlihat jelas pada ruangan yang terang.
b. Dapat
menjangkau kelompok yang besar.
c. Guru
selalu dapat bertatap muka dengan siswa karena OHP dapat diletakkan di depan
kelas.
d. Transparansi
dapat dengan mudah dibuat sendiri oleh guru baik yang dibuat secara manual
maupun yang lainnya.
e. Memiliki
kemampuan untuk menampilkan warna.
f.
Dapat disimpan dan digunakan berulang
kali.
Kekurangannya:
a. Fasilitas
OHP harus tersedia.
b. Listrik
pada ruang atau lokasi harus tersedia.
c. Tanpa
layar yang dapat dimiringkan sulit untuk mengatasi distorsi tayangan yang
berbentuk trapesium.
d. harus
memiliki teknik khusus untuk pengaturan urutan baik dalam hal penyajian maupun
penyimpanan.
3.
Proyeksi Tak Tembus Pandang
Kelebihannya:
a. Bisa
langsung memproyeksikan pesan yang ada di buku, koran, majalah, foto, bahkan
cetak lainnya.
Kekurangannya:
a. Harus
digunakan pada ruangan yang gelap.
C. Media tiga dimensi
Kelebihannya:
a. Siswa
seakan-akan melihat benda yang nyata dengan media 3D.
b. Menimbulkan
ketertarika siswa untuk berpikir dan menyeledikinya.
c. Pembelajaran
akan berjalan dengan lebih sempurna karena siswa dapat belajar langsung dengan
menggunakan bahan-bahan replika atau mirip dengan aslinya.
d. Siswa
dapat memahami tentang sifat bentuk serta pergerakan suatu benda itu dengan
baik.
e. Memberi
pengalaman tentang keadaan sebenarnya sesuai banda atau bahan itu.
f.
Menggalakkan murid membuat kajian lebih
lanjut mengenai pembelajaran melalui media.
g. Memberi
lebih banyak peluang kepada murid berinteraksi diantara satu sama lain.
Kekurangannya:
a. Biaya
pembuatannya mahal dan membutuhkan banyak waktu.
b. Membutuhkan
keterampilan dalam pembuatannya.
c. Siswa
tidak akan memahami jika bentuk 3D tidak sama dengan nyatanya.
d. Terbentur
alat untuk membuat media 3D.
D. Media visual
Kelebihannya:
Kelebihannya:
a. Meningkatkan
keefektifan pencapaian tujuan pengajaran..
b. Memungkinkan
terjadinya proses pengajaran yang lebih mudah dan cepat.
c. Memperlancar
pemahaman dan memperkuat ingatan.
d. Dapat
menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran
dengan dunia nyata.
Kekurangannya:
a. Memerlukan
pengamatan yang ekstra hati-hati.
b. Pesan
atau informasi yang panjang/rumit mengharuskan untuk membagi ke dalam beberapa
bahan visual yang mudah dibaca dan mudah dipahami.
c. Perlu
adanya keterpaduan yang mengacu kepada hubungan yang terdapat diantara
elemen-elemen visual sehingga ketika diamati akan berfungsi secara
bersama-sama.
E. Media audio visual
Kelebihannya:
Kelebihannya:
a. Menarik
dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi lebih banyak menjadikan model
yang akan ditiru oleh siswa.
b. Menyiapkan
variasi yang menarik dan perubahan tingkat kecepatan belajar mengenai suatu
pokok bahasan atau sesuatu masalah.
c. Kemampuan
media ini dianggap lebih baik dan menarik karena dua unsur media, yaitu audio
dan visual.
Kekurangannya:
a. Terlalu
menekankan pada penguasaan materi daripada proses pengembangannya dan tetap
memandang materi audio visual sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajaran.
F. Media komputer
Kelebihannya:
Kelebihannya:
a. Sebagai
peranan supervisi dan meringankan beban pendidik terhadap berbagai tanggug
jawab managerial yang memakan waktu.
b. Memungkinkan
siswa untuk belajar lebih lama dan dapat mengungkapkan berbagai kebutuhan
khusus siswa.
c. Komputer
dapat mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran karena ia dapat
memberikan iklim yang lebih efektif dengan cara yang lebih individual tidak
pernah lupa, tidak pernah bosan sangat sabar dalam menjalankan instruksi
seperti yang diinginkan program yang digunakan.
d. Komuter
dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melakukan kegiatan
laboratorium atau simulasi. hal ini karena tersedianya animasi grafik warna dan
musik dalam komputer sehingga dapat menambah realisme.
e. Kendali
berada di tangan siswa, sehingga tingkat kecepatan belajara siswa dapat
disesuaikan dengan tingkat penguasaannya.
f.
Dapat berhubungan dan mengendalikan
peralatan lain seperti compact disc video tape dan lain-lain
Kekurangannya:
a. Meskipun
harga perangkat keras komputer cenderung semakin menurun (murah) namun
pengembangan perangkat lunaknya masih relatif mahal.
b. Untuk
menggunakan komputer diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus tentang
komputer.
c. Keragaman
model komputer (hardware) sering menyebabkan program (software) yang tersedia
untuk satu model tidak cocok dengan model yang lainnya.
G. Media Cetak
Kelebihannya:
Kelebihannya:
a. Siswa
dapat belajar dan maju sesuai dengan kecepatan masing-masing. Materi pelajaran
dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memenuhi kebutuhan siswa baik yang
cepat maupun yang lamban membaca dan memahami. Namun pada akhirnya semua siswa
diharapkan dapat menguasai materi pelajaran itu.
b. Di
samping dapat mengulangi materi dalam media cetakan siswa akan mengikuti urutan
pikiran secara logis.
c. Perpaduan
teks dan gambar dalam halaman cetak dapat menambah daya tarik serta dapat
memperlancar pemahaman informasi yang disajikan dalam dua format verbal dan
visual.
d. Meskipun
isi informasi media cetak harus diperbaharui dan direvisi sesuai dengan
perkembangan dan temuan-temuan baru dalam bidang ilmu itu materi tersebut dapat
direproduksi dengan ekonomis dan didistribusikan dengan mudah.
Kekurangannya:
a. Sulit
menampilkan gerak dalam halaman media cetakan.
b. Biaya
pencetakan akan mahal jika ingin menampilkan ilustrasi gambar atau foto yang
berwarna-warni.
c. Proses
pencetakan media seringkali memakan waktu beberapa hari bahkan berbulan-bulan
tergantung kepada peralatan percetakan dan kerumitan informasi pada halaman
cetakan.
d. Jika
tidak dirawat dengan baik media cetakan cepat rusak atau hilang.
Komentar
Posting Komentar