Jenis Media Pembelajaran Matematika Menurut Para Ahli




Hallo sobat matematika!! Sudah hari minggu lagi nih, ok, pada minggu ini saya masih akan membahas jenis-jenis dari media pembelajaran matematika ya!!
Seperti yang saya bilang diminggu lalu media pembelajaran itu jenisnya banyak sekali, tergantung kita melihatnya dari sudut pandang mana. Sedikit berbeda dari minggu lalu ya, kali ini saya akan membahas jenis media pembelajaran menurut para ahli yaitu Heinich dan kawan-kawan. So, Simak terus ya sobat setiap upload an kami!!
Oya jika kalian sudah lupa sama bahasan minggu lalu bisa dilihat disini ya >> klik disini

Salah satu bentuk klasifikasi dari jenis media pembelajaran matematika yang mudah dipelajari adalah klasifikasi yang disusun oleh Heinich dan kawan-kawan sebagai berikut:
1.      Media yang tidak diproyeksikan
Golongan media yang tidak diproyeksikan diantaranya adalah sebagai berikut:
a)      Realia
Realia adalah benda nyata yang dapat digunakan sebagai bahan ajar. Menurut Brown, ciri media realia adalah benda asli yang masih berada dalam keadaan utuh, dapat dioperasikan, hidup, dalam ukuran yang sebenarrnya dan dapat dikenali sebagaimana wujud aslinya.
b)      Model
Menurut Brown, model didefinisikan sebagai benda nyata yang dimodifikasikan. Penggunaan model sebagai media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mengatasi kendala pengadaan realia seperti harga yang tinggi atau benda yang sulit untuk digunakan sebagai realia. Model dapat berukuran lebih besar, lebih kecil, atau sama persis dengan benda aslinya serta dapat menunjukkan wujud yang lengkap dan rinci dari benda aslinya, atau dapa ditampilkan dalam wujud yang disederhanakan untuk mempermudah proses kegiatan pembelajaran.
c)      Media grafis
Media grafis adalah suatu penyajian secara visual yang menggunakantitik-titik, garis-garis, gambar-gambar, tulisan-tulisan, atau simbul visual yang laindengan maksud untuk mengihtisarkan, menggambarkan, dan merangkum suatu ide, dataatau kejadian. Media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber kepenerima pesan. Selain itu media grafis berfungsi pula untuk menarik perhatian, mempejelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan atau diabaikan bila tidak di grafiskan. Menurut Brown dkk, setidaknya ada lima jenis media grafis yang memiliki keunggulan yang cukup tinggi dalam kegiatan pembelajaranya itu graft, chart, dan diagram, kartu, poster dankartun.
1)      Gambar/foto
Pemanfaatan gambar dalam proses pembelajaran sangat membantu pengajar dalam beberapa hal seperti yang dikemukakan oleh Hack barth (1996):
a.       Menarik perhatian, pada umumnya semua orang senang melihat foto/gambar.
b.      Menyediakan gambar nyata suatu objek yang karena suatu hal tidak mudah untuk diamati.
c.       Unik
d.      Memperjelas hal-hal yang bersifat abstrak
e.       Mampu mengilustrasikan suatu proses
2)      Sketsa
Biasanya digunakan apabila gambar yang lengkap dari objek yang ditampilkan tidak tersedia, atau memang bertujuan hanya ingin menampilkan bagian-bagian pokok dari suatu objek.
3)      Diagram
Penggunaan diagram pada umumnya ditunjukan untuk menggambarkan suatu hubungan atau menjelaskan suatu proses. Diagram dapat memberikan gambaran mengenai cara kerja suatu benda atau bagaimana membuat, menyusun, atau membangun suatu benda.
4)      Grafik
Grafik adalah gambar sederhana yang menggunakan titik-titik, garis atau gambar, yang berfungsi untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti, menerangkan perkembangan atatu perbandingan suatu objek atau peristiwa yang berhubungan secara singkat dan jelas. Penggunaan grafik dalam kegiatan pembelajaran memiliki berbagai pilihan dan variasi.
Grafik batang umumnya digunakan untuk membandingkan objek yang sejenis yang di ukur dalam waktu yang berbeda atau membandingkan objek yang berbeda dalam waktu sama.
Grafik gambar merupakan jenis grafis yang paling sederhana dan merupakan bentuk alternative dari grafik batang, dimana jumlah atau angka-angka yang ingin disampaikan ditampilkan dalam bentuk gambar. Grafik gambar ini biasanya menarik bagi semua tingkatan usia. Untuk dapat menggunakan grafik gambar sebagai media dalam proses pembelajaran.
Grafik lingkaran juga dikenal dengan sebutan grafik pie. Grafik itu merupakan sangat mudah dibaca dan diinterpretasikan. Lingkaran yang digunakan untuk menggambarkan grafik ini dibagi dalam beberapa porsi atau segmen.
5)      Bagan/ chart
Chart atau bagan mampu menvisualisasikan sebuah hubungan yang bersifat abstrak seperti kronologis suatu kejadian, atau struktur organisasi. Bagan berfungsi untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual. Sebagai media yang baik, bagan haruslah:
a)      Dapat dimengerti anak
b)      Sederhana dan lugas, tidak rumit atau berbelit-belit.
c)      Diganti pada waktu-waktu tertentu agar tetap up to date dan tak kehilangan daya tarik.
d)      Papan display
Papan display adalah tempat untuk menyajikan berbagai media yang tidak diproyeksikan. Seperti papan tulis (blackboards), whiteboards, copyboards, bulletin boards.
2.      Media yang diproyeksikan
Golongan media yang diproyeksikan yang sering digunaka adalah OHT dan slide. Kedua media ini adalah media yang paling sering digunakan dalam pembelajaran.
a)      OHT (overheadTransparansi)
OHT merupakan media yang paling sering digunakan tidak hanya karena populer, tetapi juga relatif lebih mudah mempersiapkan materi ataupun pengoperasiannya.
b)      Slide
Slide tergolong dalam media visual yang penggunaannya diproyeksikan kelayar. Media ini dapa menampilkan gambar yang relaistis. Peggunaan slide dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan ataupun tanpa suara.
3.     Media audio
a)      Radio
b)      Laboratorium bahasa
4.      Media audio visual (video)
Sebagai media audio visual dengan memiliki unsur gerakan dan suara, video dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar pada berbagai bidang studi.
5.      Media berbasis komputer
Menurut Heinich dkk, ada enam bentuk interaksi yang dapat diaplikasikan dalam merancang sebuah media pembealajaran, berupa:
a)      Praktik dan latihan
b)      Tutorial
c)      Permainan
d)      Simulasi
e)      Penemuan
f)       Pemecahan masalah.


Sekian untuk pembahasan jenis media pembelajaran menurut Heinich dan kawan-kawan. Semoga bermanfaat. Tunggu uploadan di minggu depan ya sobat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Peraga Bintang Ajaib Segi Lima

PYRAMIT (PHYTAGORAS DAN LIMIT)

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Dan Manfaat Media Pembelajaran Matematika