Media Pembelajaran Drinking Straws Dan Kantong Bilangan



Media pembelajaran menurut Gagne dan Briggs (Azhar Arsyad 2002:4) adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Pembelajaran yang banyak verbalisme tentu akan cepat membosankan, sebaliknya pelajaran yang menggunakan media pembelajaran lebih menarik dan memberikan suasana gembira karena siswa tertarik dan mudah memahami materi pembelajaran.
Mata pelajaran matematika khususnya materi penjumlahan bilangan secara bersusun diperlukan sebuah media pembelajaran untuk memperjelas penjelasan materi. Guru dapat menggunakan media kantong bilangan untuk membantu menjelaskan materi penjumlahan bilangan secara bersusun. Penggunaan media kantong bilangan ini diharapkan siswa dapat memahami materi dengan lebih jelas dan paham. Media kantong bilangan merupakan media yang sederhana dan mudah untuk membuatnya. Apabila guru dapat menggunakan media dengan tepat, maka materi yang diberikan kepada siswa akan dapat diterima dengan jelas. Siswa yang menerima materi dengan jelas tentu akan mendapatkan hasil belajar yang baik.
Media kantong bilangan adalah sebuah alat pembelajaran yang memanfaatkan prinsip nilai tempat untuk mengajarkan materi penjumlahan yang berbentuk kantong. Dengan kata lain, katong bilangan adalah sebuah media pembelajaran matematika yang berbentuk kantong-kantong yang menunjukkan nilai tempat suatu bilangan. Media dibuat dari bahan kertas atau kantong plastik transparan dan dibentuk sesuai dengan urutan nilai tempat. Kantong bilangan merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk penjumlahan secara bersusun baik dalam teknik menyimpan maupun tidak menyimpan.Dengan menggunakan kantong bilangan sebagai media pembelajaran matematika dalam pokok bahasan penjumlahan secara bersusun mempermudah siswa dalam menguasai konsep serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi penjumlahan secara bersusun.
Desain Media pembelajaran Sedotan (Drinking Straws) dan Kantong Bilangan dibuat berbentuk kotak dengan empat kantong yang menempel dibagian tengah kotak utama. Sedangkan sedotan sendiri digunakan sebagai pengisi kantong-kantong yang tersedia sebagai indikator jumlah bilangan yang akan dihitung. Adapun desain media pembelajaran Sedotan (Drinking Straws) dan Kantong Bilangan dapat digambarkan sebagai berikut :



Bahan dan alat yang digunakan dalam mendesain media pembelajaran Sedotan (Drinking Straws) dan Kantong Bilangan adalah benda-benda yang mudah kita temui di lingkungan kita yaitu :
  1. 1 buah kardus bekas.
  2. 4 buah botol air mineral kosong ukuran gelas.
  3. Kertas warna-warni.
  4. Sedotan 4 warna secukupnya.
  5. Spidol.
  6. Gunting
  7. Lem kertas dan lem plastik.
Cara membuat media pembelajaran Sedotan (Drinking Straws) dan Kantong Bilangan sanghatlah sederhana dan mudah. Adapun langkah-langkahnya yaitu :
  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti kardus bekas, botol air mineral ukuran gelas, kertas warna-warni, sedotan warna, spidol, gunting, lem kertas dan lem plastik.
  2. Potong kardus dengan ukuran sesuai yang diinginkan untuk digunakan sebagai tempat menempelkan 4 buah botol plastik air mineral.
  3. Lapisi kardus dengan kertas warna agar terlihat menarik.
  4. Tempelkan 4 buah botol plastik air mineral ukuran gelas dengan menggunakan lem khusus untuk bahan plastik.
  5. Gunakan spidol untuk memberi tulisan sebagai pelengkap desain media pembelajaran Sedotan (Drinking Straws) dan Kantong Bilangan.
Prosedur penggunaan dalam pembelajaran
Penggunaan media pembelajaran Sedotan (Drinking Straws) dan Kantong Bilangan sangatlah mudah, yaitu hanya dengan memasukkan sedotan sesuai dengan nilai angka yang akan kita hitung kemudian masukkan atau ambil sedotan lagi sesuai dengan nilai angka yang digunakan sebagai angka penambah, pengurang, pengali ataupun pembaginya. Agar lebih jelas lagi, berikut prosedur penggunaan media pembelajaran Sedotan (Drinking Straws) dan Kantong Bilangan dalam pembelajaran:
  1. Persiapkan sedotan dan kantong bilangan yang akan digunakan untuk melakukan operasi hitung.
  2. Letakkan sedotan sesuai dengan nilai tempatnya, misalnya 1312 berarti 2 sedotan berada pada kantong satuan, 4 sedotan berada pada kantong puluhan, 3 sedotan berada pada kantong ratusan, dan 1 sedotan berada pada kantong ribuan.
  3. Lakukan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian ataupun pembagian) dengan menambahkan sedotan ataupun mengurangi sedotan yang ada dalam kantong sesuai dengan angka penjumlah atau pengurangnya.
  4. Sedotan yang masih ada dalam kantong merupakan hasil operasi hitung yang dilakukan.
  5. Hitung jumlah sedotan yang masih ada dalam kantong bilangan sesuai dengan nilai tempatnya.
  6. Jika dalam satu kantong terdapat lebih dari sepuluh sedotan, maka ambil sepuluh sedotan pada kantong tersebut, kemudian tambahkan satu sedotan pada kantong nilai yang bernilai tempat lebih besar yang ada di sampingnya.
Contoh Penggunaan Media
Contoh penerapan media Sedotan (Drinking Straws) dan Kantong Bilaingan dalam menyelesaikan soal penjumlahan :
 Soal : 1342 + 245 = …
Maka langkah yang dilakukan yaitu :
  1. Letakkan sedotan sesuai dengan nilai tempatnya, yaitu 1 sedotan pada kantong ribuan, 3 sedotan pada kantong ratusan, 4 sedotan pada kantong puluhan, dan 2 sedotan pada kantong satuan.
  2. Tambahkan sedotan pada kantong berdasarkan nilai tempatnya, yaitu 2 sedotan pada kantong ratusan, 4 sedotan pada kantong puluhan, dan 5 sedotan pada kantong satuan.
  3. Hitung sedotan yang ada pada masing-masing kantong.
  4. Tulis hasil penghitungan sedotan ke dalam lembar jawab.
Kelebihan dan Kekurangan Media Sedotan (Drinking Straws) dan Kantong Bilangan.
  1. Kelebihan
Membantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih menarik, Membantu guru untuk bisa menyampaikan suatu konsep pembelajaran yang abstrak menjadi sebuah situasi yang nyata, Memantapkan pengetahuan siswa dalam memahami nilai tempat suatu bilangan, Membantu siswa untuk menyelesaikan masalah operasi hitung dengan cara yang sistematis.
  1. Kelemahan :
Kelemahan media pembelajaran Sedotan (Drinking Straws) dan Kantong Bilangan yaitu Tidak bisa digunakan dalam pembelajaran operasi hitung yang melibatkan bilangan negatif maupun desimal. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Peraga Bintang Ajaib Segi Lima

PYRAMIT (PHYTAGORAS DAN LIMIT)

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Dan Manfaat Media Pembelajaran Matematika